Senin, 01 September 2014

Cara Overlay Sebuah Tekstur di CorelDRAW

Tidak ada komentar:
ads
Pada CorelDRAW x6 dan x7 sudah disediakan perintah Overlay, objek yang diefek overlay sendiri akan terlihat apabila menimpa objek gambar, sebagai contoh gambar dibawah ini, sebelum dan sesudah di timpa gambar tekstur yang di beri efek overlay;


Adapun untuk menggunakan perintah overlay langkahnya sebagai berikut;

1. Siapkan gambar bitmap atau foto apa saja sebagai objek yang akan di edit dengan cara Import atau Drag and Drop ke area kerja CorelDRAW, setelah itu aktifkan Objek Manager untuk mengatur Layer dengan cara pada Menu Bar > Window > Dockers > Object Manager;


2. Seleksi objek dan pijit Tombol Copy di Property Bar;


3. Pijit Rool-down Docker untuk membuka menu Object Manager;


4. Pijit Object Manager Options untuk membuka menu Objek Manager;


5. Pilih New Layer untuk membuat layer baru;


6. Sehingga akan muncul layer baru pada Objek Manager, dengan nama Layer 2, warna merah berarti layer tersebut aktif, pijit tombol Paste di Property Bar atau tekan Ctrl+V di keyboard, sehingga muncul objek bitmap yang sama dengan objek pertama pada Layer 1;


7. Langkah selanjutnya, Import tekstur pada Layer 2, sebagai contoh disini berupa gambar bitmap tekstur retak, edit dulu untuk mempertajam gambar dengan perintah Brightness/Contrast/Intensity... atau Ctrl+B di keyboard;


8. Objek tekstur retak disini pada Layer 2 dengan nama Objek 1;


9. Objek tekstur dalam keadaan terseleksi, pada Toolbox klik menu Transparency tool, arahkan mouse di atas objek tekstur retak dan drag kesamping, trus pada Property Bar atur seperti yang dilingkari merah yaitu ubah sebagai berikut: Uniform > Overlay > 0


10. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini;


11. Selanjutnya masih tetap pada Layer 2, seleksi objek tekstur retak (Objek 1) dan objek foto pak tua (Bitmap);

12. Setelah terseleksi kedua objek tersebut, pada Menu Bar > klik Convert to Bitmap...


13. Atur seperti dibawah ini, Convert to Bitmap disini kita sesuaikan dengan color mode yang kita kerjakan, disini kita menggunakan color mode RGB, klik OK, sehingga kedua objek bitmap tersebut akan menjadi satu objek bitmap;


14. Lakukan seperti langkah nomor 9, yaitu Transparency tool;


15. Tapi pada Property Bar, atur atau setting seperti dibawah ini, yaitu: Radial > Normal > 0


16. Untuk mengubah menjadi satu layer caranya seleksi semua objek dengan Ctrl+A dan lakukan seperti langka nomor 12 dan 13, sehingga hasil akhir seperti gambar dibawah ini yaitu orang tua bermuka codet,



17. Demikian semoga bermanfaat..... selamat bercorel ria, salam vektor... tapi disini kita edit bitmap ya.. hehehe...
ads

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © TIK Teknologi Informasi Komunikasi

Promoted Link: Tafsir Sponsored By: Gratis Template By: Habib